Peringati HPSN 2023, Warga Kelurahan Tanjung Perak Gelar Fun Walk

oleh -917 Dilihat
Camat Pabean Cantian Muhammad Januar Rizal, S.STP, M.Si memberikan sambutan sebelum memberangkatkan peserta

Surabaya, spektrum-news.com – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Bank Sampah Wani (BSW) yang berlokasi di RT 3 RW 4 Kelurahan Tanjung Perak, Kecamatan Pabean Cantian mengadakan kegiatan sosial FUN WALK HPSN 2023, Minggu (26/02).

Dalam kegiatan tersebut para peserta diajak untuk Jalan Sehat sekaligus memungut sampah – sampah anorganik yang berada di wilayah RW 4. Fun Walk diberangkatkan oleh Camat Pabean Cantian Muhammad Januar Rizal, S.STP, M.Si didampingi Ketua LPMK Kelurahan Tanjung Perak Muslikin, Ketua RW 4 Purnomo, Ketua RT 3 Ali Imron, perwakilan dari Pelindo Daya Sejahtera Sayudi, serta Ketua Panitia Fun Walk Denik Arie Wahyuni.

Selain jalan sehat yang melibatkan semua umur, peserta juga diberi edukasi tentang cara mengelola sampah dan mengenal jenis sampah anorganik serta cara memilah sampah, agar kedepannya dapat memilah sampah yang dihasilkan dari rumah masing-masing. “BSW akan selalu mengedukasi masyarakat akan pentingnya mengelola dan memilah sampah dari rumah agar Tindakan kecil tersebut berdampak berkurangnya tumpukan sampah yang menggunung di Tempat pembuangan akhir (TPA)”, Ungkap Denik Arie Wahyuni, Ketua Panitia Fun Walk sekaligus ketua Bank Sampah Wani.

Peserta jalan sehat yang menyisir jalan untuk membersihkan sampah yang tercecer.

Acara tersebut mendapat perhatian warga sekitar. Terbukti, dengan membludaknya pendaftar yang ditolak karena keterbatasan kuota. “kami mohon maaf bagi warga yang tidak kebagian kuota. Kedepannya akan kami usahakan untuk memperbanyak kuota agar edukasi-edukasi tentang lingkungan dapat lebih banyak diterima oleh masyarakat luas”. Imbuh Denik yang juga Bendahara Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) DPD Surabaya.

“Kami berterima kasih kepada para sponsor khususnya dari Pelindo Group yang mendominasi dan telah banyak membantu kegiatan ini. Tanpa adanya sponsor, Fun Walk tidak akan berjalan. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini dapat mewujudkan RW 4 menuju Zero Waste”,  imbuh Wanita yang juga pekerja kantoran tersebut.

Camat Pabean Cantian Muhammad Januar Rizal, S.STP, M.Si Ketika dihubungi berharap agar kegiatan-kegiatan tentang lingkungan terus digalakkan dan terus bergotong royong membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan sampah selama ini. “Saya berharap kedepannya kegiatan-kegiatan seperti ini dapat melibatkan lebih banyak warga agar seluruh warga dapat menjalankan pemilahan sampah dari rumah, serta dapat memberdayakan Masyarakat miskin yang belum bekerja dalam kepengurusan Bank Sampah agar dapat menambah penghasilan yang berdampak pengurangan pengangguran yg ada di wilayah RT 3 RW 4 Kelurahan Tanjung Perak. Karena bagaimanapun Bank Sampah adalah kegiatan sosial, tidak dapat dijadikan pekerjaan pokok”, Ungkapnya.

Ke depan perlu merubah mindset warga miskin yang hanya mengandalkan bantuan akan tetapi sudah dirubah menjadi pekerja yang bisa menghasilkan pendapatan untuk keluarga sehingga ekonomi keluarga akan berubah dan naik kelas.

Peserta pemenang undian Grandprize.

Disisi lain, para peserta sangat antusias dengan acara yang diselenggarakan oleh para pegiat lingkungan RT 3. Kegiatan yang melibatkan warga ini dianggap dapat mengatasi permasalahan sampah yang ada di wilayah RW 4. “Kami berharap acara seperti ini menjadi agenda rutin BSW. Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi kami dan lingkungan, kami juga mendapatkan hadiah.” ungkap salah satu peserta sambil menunjukkan hadiah yang didapatnya.

Tak hanya jalan sehat dan edukasi saja. Bazar UMKM juga disajikan dalam acara tersebut. Gerai Bank Sampah Wani juga hadir untuk mengenalkan produk terbaru dari BSW yang telah mengantongi NIB berupa tas belanja dari bahan daur ulang aluminium foil. Dalam pantauan media, Beberapa UMKM warga RW 4 berjajar rapi dengan banyak pembeli yang mengantre. “Alhamdulillah dagangan kami laris. Terimakasih BSW yang menampung dan mendukung UMKM. Semoga tahun depan dapat terselenggara kegiatan seperti ini agar UMKM semakin maju”. Ungkap Bu Kanti, salah satu UMKM yang mengikuti acara tersebut.

Perwakilan RT peserta kerja bakti yang mendapatkan hadiah.

Selain jalan sehat, edukasi pemilahan sampah dan UMKM, kegiatan tersebut juga dibarengi dengan kerja bakti massal “Surabaya Bergerak” di wilayah RW 4. Dengan dukungan penuh dari Camat Pabean Cantian yang telah menyiapkan hadiah bagi enam RT yang giat kerja bakti yang diberikan kepada RT terpilih di akhir acara Fun Walk. Selain hadiah yang disediakan kecamatan, BSW juga memberikan bantuan berupa minuman kepada seluruh RT di wilayah RW 4 yang berpartisipasi dalam ‘Surabaya Bergerak’.  “Walaupun Sedikit yang dapat kami berikan. Semoga dapat menambah semangat seluruh RT dalam merawat lingkungan” ujar Denik.

Dalam kesempatan itu, BSW juga memberikan apresiasi kepada nasabahnya dengan memberikan bingkisan kepada nasabah yang aktif menabung serta mempunyai saldo tertinggi di BSW. (sup)

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.