Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2 Serahkan Tabungan Emas dan KUR di Puncak Bulan Inklusi Keuangan

oleh -351 Dilihat

Serang, spektrum-news.com – PT Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2 ikut berpartisipasi dalam puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang digelar Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 1 di Lapangan Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten, Rabu (25/10/2023).

Selain Pegadaian, acara yang mengangkat tema “Gebyar Wisata dan UMKM Padarincang” itu juga diikuti sejumlah lembaga jasa keuangan (LJK) lainnya.

Dalam kesempatan itu, PT Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2 menyerahkan tabungan emas, Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) menjadi Agen Pegadaian.

Selain itu, juga dilakukan launching atau peresmian Desa Wisata Keuangan Inklusif oleh Bupati Serang. Adapun desa yang diresmikan menjadi Desa Wisata Keuangan Inklusif yaitu Desa Padarincang.

Pemimpin PT Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2, Endang Pertiwi mengatakan, Pegadaian menyambut baik pelaksanaan puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 sebagai wujud gotong royong dalam meningkatkan tingkat literasi dan inklusi masyarakat.

“Dengan meningkatnya tingkat literasi dan inklusi keuangan masyarakat, maka menandakan adanya peningkatan tingkat perekonomian masyarakat,” kata Endang Pertiwi.

Adanya launching Desa Wisata Keuangan Inklusif, katanya, dimaksudkan untuk memperluas inklusi keuangan masyarakat di perdesaan dengan pengembangan melalui peningkatan literasi dan inklusi keuangan, soft skill dan hard skill, serta digitalisasi sistem pembayaran.

“Program ini diharapkan dapat mendorong aktivitas-aktivitas ekonomi yang baru dan berkelanjutan terkait pengelolaan desa wisata oleh beragam kelompok masyarakat di sekitar desa wisata,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor OJK Regional 1, Roberto Akyuwen menuturkan, Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 diselenggarakan dalam rangka mencapai target inklusi keuangan Indonesia sebesar 90 persen pada tahun 2024.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025 serta Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang setiap tahunnya diperingati seluruh industri jasa keuangan. (and)

No More Posts Available.

No more pages to load.